sholawat Jazallahu

Sholawat Jazallahu ‘anna Sayyidana Muhammadan Latin dan Artinya, Pahala Dicatat Malaikat 1000 Hari. Bersholawat kepada Nabi Muhammad merupakan satu diantara amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Membaca sholawat menjadi bukti kecintaan umat Islam kepada Nabi Muhammad SAW.

Rasulullah SAW bersabda:

عَنْ عَبْدِاللهِ بْنِ عَمْرٍو بْنِ الْعَاصِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا اَنَّهُ سَمِعَ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُوْلُ مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا رواه مسلم.
Artinya: 
“Barangsiapa yang bersholawat kepadaku sekali, maka Allah akan bersholawat untuknya sepuluh kali.” (HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i).

Selain itu, ada salah satu sholawat yang bila dibaca bisa membuat malaikat sibuk mencatat pahala selama 1.000 hari.

Imam Abu Nuaim dan Imam Thabarani dalam Mu’jamul Ausath dan Mu’jamul Kabir serta para ahli hadits lainnya menyebutkan sebuah riwayat dengan sanad yang muttashil.

Yakni sahabat bernama Sayyidina ‘Abdullah ibnu ‘Abbas radhiyalllahu anhuma berujar bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Siapa saja yang membaca 


ﺟَﺰَﻯ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻨَّﺎ ﺳَﻴِّﺪَﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪًﺍ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻤَﺎ ﻫُﻮَ ﺃَﻫْﻠُﻪُ 
(Jazallahu ‘anna Sayyidana Muhammadan Shallallahu
alaihi wa sallama maa huwa ahluh
Artinya: 
Semoga Allah memberikan balasan kebaikan kepada pemimpin kita Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam atas jasa-jasa beliau kepada kita dengan balasan yang pantas beliau terima.


Dalam lafadz lain berbunyi:

ﺟَﺰَﻯ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻨَّﺎ ﺳَﻴِّﺪَﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪًﺍ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺑِﻤَﺎ ﻫُﻮَ ﺃَﻫْﻠُﻪُ
Jazallahu ‘anna Sayyidana Muhammadan Shallallahu ‘alaihi wa sallama bima huwa ahluh
Artinya: 
Semoga Allah memberikan balasan kebaikan kepada pemimpin kita Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam atas jasa-jasa beliau kepada kita dengan balasan yang pantas beliau terima.

Sementara itu, dalam kitab Irsyadul ‘ibad Ila Sabilir Rasyad disebutkan bahwa jika kalimat sholawat itu dibaca maka akan membuat 70 ribu malaikat kepayahan mencatat pahalanya selama 1.000 hari.
zoom-in-whitePerbesa
Dalam ajaran Islam salah satu amalan yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW dan memberikan pahala yang luar biasa bagi kita adalah amalan sholawat. Membaca sholawat kepada Nabi agung Muhammad SAW selain perintah langsung dari Allah SWT juga bentuk kecintaan kita sebagai hamba kepada Nabi Muhammad SAW. Pada artikel kali ini akan kita bahas mengenai arti jazallahu anna sayyidina Muhammadan yang merupakan salah satu sholawat nabi.


Keutamaan Mengamalkan Sholawat Nabi
Dikutip dari buku Kumpulan Shalawat Nabi Super Lengkap karya Ibnu Watiniyah(2016: 2) ada beberapa manfaat dari sholawat nabi jika kita mengamalkannya secara istiqomah diantaranya adalah :
  1. Menjadi manusia paling mulia di sisi Rasulullah SAW di hari kiamat nanti seperti sabda Rasulullah SAW "Sesungguhnya manusia yang paling utama dengan aku besok pada hari kiamat ialah mereka yang paling banyak membaca sholawat untukku." (HR. Nasai dan Ibnu Hibban)
  2. Mendapatkan syafaat di hari kiamat, dengan sholawat maka bisa menolong kita nanti di hari akhir.
  3. Allah SWT Meninggikan derajat 10 kali, memberikan 10 kebaikan, menghapuskan 20 kejahatan, dan membebaskan dari kemunafikan.
  4. Dikabulkan dan dimudahkan segala hajatnya.
  5. Sebagai pengganti zakat dan sedekah bagi orang-orang yang tidak memiliki kewajiban berzakat dan tidak memiliki kelebihan harta.
Demikian adalah pembahasan terkait dengan arti bacaan jazallahu anna sayyidina Muhammadan dan keutamaan mengamalkan sholawat nabi dengan istiqomah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar