Innallaha Wa Malaikatahu Yusholluna Alan Nabi

Innallaha wa malaikatahu yusholluna alan nabi adalah potongan ayat 56 dari surat Al-Ahzab. Ayat ini berisi perintah dari Allah taala agar umat nabi membaca shalawat dan salam atas beliau.

Berikut ini kami tampilkan bacaan lengkap dengan tulisan Arab, Latin, dan artinya:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا
اللهم صل عليه
Innallaha wa malaikatahu yusholluna alan nabi ya ayyuhalladzina amanu
shollu alaihi wasallimu taslima
kemudian baca
Allahumma solli alaih 100x 
Arti: 
Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.
[Qs. Al-Ahzab (33) ayat 56]

Ya Allah, berinkanlah sholawat kepadanya (Nabi Muhammad) 100 X

Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya senantiasa memberi shalawat atas Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, berilah shalawat atasnya dan ucapkanlah salam penghormatan (kepadanya). [Qs. Al-Ahzab (33) ayat 56]

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 56
Syaikh Abdurrahman As-Sa’di rahimahullah menjelaskan ayat ini dengan terjemahan sebagai berikut:

Ayat ini menjelaskan atas kesempurnaan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, naiknya derajat beliau, tingginya kedudukan beliau di hadapan Allah dan di sisi makhluk-Nya, dan naiknya martabat beliau.

[Sesungguhnya Allah] ta’ala [dan para malaikat-Nya memberi shalawat] atas beliau. Maksudnya: Allah memujinya di hadapan para malaikat dan di Al-Mala’ul A’la karena cinta-Nya taala kepada beliau. Para malaikat al-muqarrabun juga memuji atas beliau, mendoakan, dan bertadharru’.

[Wahai orang-orang yang beriman, berilah shalawat atasnya dan ucapkanlah salam penghormatan (kepadanya)] Untuk mencontoh Allah dan para malaikat-Nya, membalas beliau atas sebagian hak-hak beliau yang wajib kalian tunaikan, menyempurnakan keimanan kalian, mengangungkan beliau shallallahu alaihi wa sallam, dan sebagai wujud cinta maupun penghormatan, serta untuk menambah kebaikan dan menghapus dosa-dosa kalian.” [Taisirul Karimir Rahman 1/671]

Selain untuk mengamalkan perintah Allah dan mewujudkan rasa cinta kita kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam, membaca shalawat juga memiliki berbagai macam keutamaan / fadilah.

Termasuk diantara fadhilah membaca sholawat adalah memiliki kesempatan untuk mendapat syafaat dari Nabi saat berada di hari kiamat.

Shalawat untuk Nabi sendiri ada beragam variasi bacaan. Adapun yang paling utama untuk kita baca adalah apa yang diajarkan oleh beliau kepada para sahabat. Berikut ini lafal lengkapnya:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ، اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Allahumma shalli ala Muhammad, wa ala aali Muhammad, kama shallaita ala aali Ibrahim, innaka hamiidum majiid. Allahumma baarik ala Muhammad, wa ala aali Muhammad, kama baarakta ala aali Ibrahim. Innaka hamiidum majiid.

“Ya Allah! Berilah shalawat atas Muhammad dan atas keluarga Muhammad sebagaimana Engkau beri shalawat atas keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Mahaterpuji lagi Mahamulia. Ya Allah! Berkahilah atas Muhammad dan atas keluarga Muhammad sebagaimana Engkau telah memberkahi keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Mahaterpuji lagi Mahamulia.”

Cukup 2 Menit Baca Sholawat ini, 100 Hajat Dikabulkan Allah SWT

Sholawat merupakan salah satu bentuk dzikir atau doa kepada Allah SWT dan ucapan salam pada Nabi Muhammad SAW sebagai wujud kecintaaan terhadapnya. Menjadikan Sholawat Nabi sebagai amalan sehari-hari akan mengubah kehidupan menjadi lebih berkah dan dimudahkan dalam segala urusan.

Sholawat juga diyakini menjadi wasilah atau penghubung agar setiap hajat atau kebutuhan manusia cepat dikabulkan oleh Allah SWT.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut bacaan sholawat yang akan kabulkan 100 hajat.

Sholawat kepada Nabi merupakan ibadah yang sangat agung dan memiliki banyak keutamaan serta keistimewaan di dalamnya.
Hal ini diterangkan dalam salah satu banyak Hadits Nabi yang populer adalah: 

"Barangsiapa yang bersholawat padaku satu kali kali maka Allah akan bersholawat kepadanya 10 kali." Mengamalkan bacaan sholawat merupakan tanda cinta kepada baginda Nabi Muhammad SAW.

Dari Abdullah bin 'Amr, Rasulullah bersabda:
"Barangsiapa bersholawat kepadaku atau meminta agar aku mendapatkan wasilah, maka dia berhak mendapatkan syafa’atku pada hari kiamat nanti."

Adapun perintah untuk memuliakan Nabi Muhammad SAW terdapat dalam firman Allah SWT berikut:

إِنَّا أَرْسَلْنَاكَ شَاهِدًا وَمُبَشِّرًا وَنَذِيرًا لِتُؤْمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَتُعَزِّرُوهُ وَتُوَقِّرُوهُ

"Sesungguhnya Kami telah mengutusmu sebagai saksi, pembawa kabar gembira dan pemberi peringatan. Agar kalian beriman kepada Allah dan Rasul-Nya serta mengagungkan dan memuliakannya." (QS Al-Fath Ayat 8-9)

Dari sekian banyak bacaan sholawat kepada Nabi Muhammad Saw, ada satu lafadzh sholawat yang apabila diamalkan akan dapat mengabulkan hajat seseorang.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar bacaan innallaha wa malaikatahu terkait tulisan Arab, artinya, dan maksud / makna ayat, semoga bermanfaat.

Syekh Yusuf bin Ismail Al-Nabhani dalam Kitab Afdalus Shalawat 'Aala Sayyidis Sadat, mengungkapkan salah satu lafazh sholawat yang dapat mengabulkan 100 hajat kita, berikut bacaannya:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَهْلِ بَيْتِهِ

Allohumma sholli 'Aala Sayyidina. Muhammadin wa 'Ala Aali Sayyidina. Muhammadin wa 'Ala Ahli Baitihi.

"Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, kepada keluarganya dan kepada orang rumahnya (ahlil bait)." (dibaca 100 kali).

Diriwayatkan dari Imam Ibnu Hajar dalam kitab zadul mamdud Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa yang setelah subuh dan maghrib membaca sholawat atas kanjeng Nabi Muhammad SAW, sebanyak 100 kali maka akan dikabulkan oleh Allah SWT 30 hajat dunia, dan 70 hajat akhirat."

Kemudian sahabat bertanya "Ya Rasulullah bagaimana cara sholawatnya?" Kemudian Rasulullah menjawab "Ucapkanlah Innallaha wa malaikatahu yusholluna Alan Nabi ya ayyuhalladzina amanu Shollu Alaihi wasallimu taslima" kemudian bersholawat sebanyak 100 kali yang berbunyi 

"Allahumma sholli Alaihi, Allahumma sholli Alaihi, Allahumma sholli Alaihi, Allahumma sholli Alaihi, Allahumma sholli Alaihi"
 jadi sebanyak 100 kali.

Berikut keterangan Syekh Yusuf bin Ismail Al-Nabhani menukil dari Ibnu Hajar dalam Kitab Al-Shawa'iq.

قال ابن حجر في كتاب الصواعق روي عن جعفر مرفوعا : من صلى على محمد وعلى اهل بيته مائة مرة قضى الله مائة حاجة

سبعين منها في اخرته قال الشيخ السجاعي في حاشيته عليه ولفظها اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَهْلِ بَيْتِهِ

"Ibnu Hajar dalam Kitab Al-Shawa'iq berkata, 'Diriwayatkan oleh Imam Ja'far secara marfu' bahwa siapa saja yang membaca sholawat kepada Nabi SAW dan ahli baitnya sebanyak 100 kali, maka Allah mengabulkan hajatnya sebanyak 100 hajat, 70 di antaranya diberikan di akhirat. Syekh Al-Suja’i berkata dalam Kitab Hasyiah atas kitab Al-Shawa’iq, ‘Lafadz sholawat tersebut adalah: "Allohumma sholli 'ala sayyidina Muhammadin wa ‘ala aali sayyidina Muhammadin wa ‘ala ahli baitihi."

Maka, segera amalkan sholawat ini, diwaktu subuh dan magrib, lebih bagus dibaca setelah sholat lima waktu, semoga pahala dan manfaat mengalir terus serta Allah memberi keberkahan terhadap hambanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar