Sholawat Adrikni

Sejarah dan Keutamaannya Sholawat atas Nabi jenisnya macam-macam, salah satu sholawat yang cukup populer adalah sholawat adrikni atau adrikiyah ada juga yang menyebutnya sholawat khitob. Dengan membaca sholawat adrikni secara terus menerus dan istiqomah insyaAllah akan mengantarkan kita bermimpi berjumpa Rasulullah SAW. Sholawat Adrikni awalnya diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada seorang mufti Syam bernama Hamid Affandi al-Imadi melalui mimpi. Sholawat ini disebut pula Sholawat Kitab, sebab sering ditulis di dalam kitab-kitab. Adapun bacaan sholawat adrikni atau adrikiyah

Sholawat adrikni merupakan bacaan zikir yang populer. Sholawat ini memiliki beragam nama atau sebutan lain seperti sholawat adrikiyah, mbiya ghoib, raja khodam maupun qod daqot.

Tokoh besar yang mengamalkan sholawat ini adalah maha guru ulama tanah jawa yakni KH Sholeh Darat. Sebagaimana diketahui bahwa KH Sholeh Darat memiliki murid pendiri dua organisasi terbesar di Indonesia. Adapun murid tersebut KH Hasyim Asy’ari dan KH Ahmad Dahlan.

Bahkan KH Sholeh Darat memberikan petunjuk cara mengamalkan sholawat ini. Dalam kitab Minhajul Atqiyah karya KH Sholeh Darat menuturkan bahwasanya bacaan sholawat dapat langsung diamalkan, sebab membaca sholawat perintah Allah Swt secara langsung.

Allah Swt berfirman dalam surah Al-Ahzab ayat 56:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

“Sungguh Allah Swt dan malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi Muhammad Saw. Wahai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kalian untuk nabi. Ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al-Ahzab: 56).

Jadi menurut KH Sholeh Darat membaca sholawat merupakan amalan langsung tanpa ijazah ataupun sanad.

Sedangkan sejarah sholawat adrikni ini diajarkan Nabi Muhammad Saw kepada Mufti kota Syam yakni Syekh Hamid Affandy Al-Imadi saat bertemu Rasulullah dalam mimpi.

Adapun keutamaan membaca sholawat adrikni yakni; pertama, jika dibaca pagi dan malam hari akan diberikan kemudahan atas segala urusan. Kedua, dengan membaca sholawat adrikni 100x maka akan dibukakan pintu rezeki dari segala arah.

Ketiga, sholawat ini dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan segala penyakit, termasuk serangan santet maupun doa talak bala’. Keempat, bagi seseorang yang memiliki hajat atau keinginan untuk bertawasul membacanya maka akan mudah terkabulkan hajatnya.
Teks bacaan sholawat adrikni
Berikut ini teks sholawat adrikni lengkap, teks arab, latin dan artinya:

ﺍَﻟﺼَّﻠَﺎﺓُ ﻭَﺍﻟﺴَّﻠَﺎﻡُ ﻋَـﻠَﻴْـﻚَ ﻳَﺎﺳَﻴِّــﺪِﻯْ ﻳَﺎﺭَﺳُﻮْﻝَ ﺍﻟﻠّـﻪِ , ﺧُﺬْ ﺑِــﻴَـﺪِﻯْ ﻗَـﻠَّﺖْ ﺣِﻴْﻠَــﺘِﻰ ﺃَﺩْﺭِﻛْـﻨِﻰ

Asholaatu wassalaamu ’alaika yaa sayyidii yaa rasulullaah khudz biyadii qollat hiilatii adriknii

Artinya: “Rahmat dan sejahtera semoga melimpah kepadamu, wahai junjunganku Rasullulahu Saw, peganglah tanganku, sedikit sekali upayaku maka temukanlah aku.”


Selain bacaan di atas, dapat pula membaca bacaan berikut: 

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ قَـدْ ضَاقَتْ حِيْلَــتِى أَدْرِكْـنِى يَارَسُوْلَ اللّـهِ
Allahumma sholli 'ala Sayyidina Muhammadin qod dhoqot hiilati adrikni yaa Rasulullah

Artinya:
"Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad. Sungguh sempit upayaku, temukanlah (tolonglah) aku, wahai Rasulullah."

Allah SWT berfirman, "Dan sesungguhnya engkau (Muhammad) benar-benar berbudi pekerti yang agung." (QS. Al-Qalam : 4) 

Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa yang susah hajatnya, maka perbanyaklah sholawat atasku, sebab memperbanyak sholawat kepadaku dapat menjadi sebab hilangnya kesusahan, dan terpenuhinya hajat." (Khozinatul Asror : 178) 

Sejarah dan Asal Usul Sholawat Adrikni  
Sholawat adrikiyah adalah sholawat yang teks atau liriknya langsung diajarakan oleh Nabi Muhammad SAW kepada seorang syeikh yang terkenal pada zaman dahulu, yakni Syeikh Hamid melalui mimpi yang dia dapatkan ketika tidur pada lama hari. Dia merupakan seorang mufti di Kota Syam. Di dalam mimpinya Syeikh Hamid mengaku bertemu dengan Rasulullah SAW serta mengatakan bahwa siapa saja yang membaca sholawat tersebut, insya Allah akan ditunjukkan kemudahan untuk mencapai keselamatan dunia dan akhirat. 

Sholawat yang dimaksud tentu saja adalah sholawat adrikiyah yang memiliki beragam keutamaan dan keistimewaan, di antaranya adalah menenangkan hati dan pikiran, menghilangkan perasaan khawatir dan was-was, serta dikabulkannya segala permohonan dan hajat. 

Manfaat Sholawat Adrikni 
Banyak manfaat dan khasiat daripada membaca sholawat adrikni, menurut kitab Afdhalus Sholawat ‘ala sayyidi saadaat karya ulama besar Syeh Yusuf Bin Isma’il an-Nabhani diantara manfaat membaca sholawat adrikni adalah sebagai berikut. 
  • Dapat menghilangkan kesusahan 
  • Dikabulkan segala hajatnya 
  • Mimpi berjumpa Rasulullah SAW 
Dalam suatu riwayat dikatakan bahwasanya sholawat ini langsung diajarkan Rasulullah kepada seorang Mufti negeri Syam bernama Syeh Hamid Affandy al-‘Imadi melalui mimpi. Menurut syeh Ibnu Syaifuddin al-Jabbari mengatakan: 

Barangsiapa yang membaca sholawat ini (adrikni) sebanyak 1000 kali pada malam jum’at dan dilanjutkan pada malam-malam berikutnya sampai hari jumat sebanyak 1000 kali dibaca delapan hari berturut-turut, maka segala hajatnya akan dikabulkan dan dengan izin Allah akan bermimpi bertemu Rasulullah SAW. 

Begitu agungnya manfaat dan khasiat membaca sholawat adrikni, rugi jika kita melewatkan untuk membaca sholawat adrikni 

Keutamaan Mengamalkan Sholawat Adrikni
  • Mengutip buku 25 Ibadah Pilihan untuk Keluar dari Kemelut oleh Salman A. Zaha dan Ibnu Solah Taftazani, barang siapa yang mengamalkan Sholawat Adrikni dengan membacanya sebanyak 313 kali, 1000 kali, 4000 kali, atau sebanyak mungkin, maka dapat melapangkan rezeki. 
  • Sedangkan, menurut Syaikh Isa Al-Barowi, barang siapa yang membaca Sholawat Adrikni sebanyak 1000 kali pada malam jumat, maka hajatnya akan terpenuhi segera. Maka dari itu, umat Muslim yang tengah memiliki hajat, dapat mengamalkan sholawat ini setelah sholat. 
  • Selain itu, keutamaan lain dari mengamalkan Sholawat Adrikni adalah dimudahkannya urusan di dunia dan akhirat. Segala perkara atau masalah dapat selalu terselesaikan jika senantiasa mengamalkan sholawat ini, terntu saja dengan meminta kepada Allah SWT dengan perantara Rasulullah SAW. 
Secara umum ada beberapa keutamaan ketika membaca sholawat Nabi seperti berikut ini: 
  1. Mendapat Syafaat Hidup Dari Abdullah ibnu Mas’ud, bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Orang yang paling berhak mendapat syafaatku kelak di hari kiamat adalah orang yang paling banyak membaca shalawat untukku. 
  2. Mendapat Keutamaan Sholawat Nabi Shollallohu alaihi wasallam bersabda : "Sesungguhnya orang yang lebih utama bersamaku di hari kiamat adalah orang yang paling banyak bersholawat kepadaku". 
  3. Penghapus Dosa Nabi Shollallohu alaihi wasallam bersabda : "Sholawat kalian kepadaku itu pengahancur (dosa-dosa)". 
  4. Pembuka Pintu Doa Nabi Shollallohu alaihi wasallam bersabda : "Tiadalah sebuah do`a terkecuali diantara do`a tersebut dan langit ada hijab hingga dibacakan sholawat untukku. Ketika dibacakan sholawat untukku maka terbukalah hijab tersebut dan diangkatlah do`a ". 
  5. Dijauhkan dari Kebakhilan dan Bahaya Dari Abdullah bin Ali bin Husain bin Ali bin Abu Thalib dari ayahnya dari Husain bin Ali bin Abu Thalib dari Ali bin Abu Thalib ia berkata; Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Orang yang bakhil adalah orang yang apabila aku disebutkan di hadapannya maka ia tidak mengucapkan shalawat kepadaku." (HR. Tirmidzi) [ No. 3546 Maktabatu Al Maarif Riyadh] Shahih. 
  6. Diterima Amal Ibadah Sholat Dari Abdul Muhaimin ibnu Abbas ibnu Sahl ibnu Sa'd As-Sa'idi, dari ayahnya, dari kakeknya, dari Rasulullah Saw. yang telah besabda: Tiada shalat bagi orang yang tidak berwudu, tiada wudu bagi orang yang tidak menyebut nama Allah padanya, tiada shalat bagi orang yang tidak membaca salawat untuk Nabi, dan tiada salat bagi orang yang tidak mencintai sahabat Ansar. (HR Ibnu Majah) 
  7. Dimohonkan Ampun Malaikat Dari Abdullah ibnu Amir ibnu Rabi'ah menceritakan hadis berikut dari ayahnya yang menceritakan bahwa ia pernah mendengar Nabi Saw bersabda: Barang siapa yang mengucapkan sholawat untukku sekali, maka para malaikat terus-menerus memohonkan ampunan buatnya selama ia masih membaca salawat. Karena itu, hendaklah seseorang hamba membaca salawat, baik banyak ataupun sedikit. 
  8. Dihindarkan dari Kesusahan Dunia dan Akhirat Dari At-Tufail ibnu Ubay, dari ayahnya yang menceritakan bahwa seorang lelaki bertanya kepada Rasulullah Saw., "Wahai Rasulullah, bagaimanakah pendapatmu jika kujadikan semua doaku untukmu?" Rasulullah Saw. menjawab: Kalau demikian, Allah akan menghindarkan dirimu dari kesusahan dunia dan akhiratmu. 
  9. Masuk Surga Jika Rajin Bersholawat Nabi Shollallohu alaihi wasallam bersabda : "Barang siapa bersholawat kepadaku 1.000 kali maka takkan meninggal dunia sehingga diberikan kabar gembira masuk surga". 
  10. Mendapat Rahmat Allah SWT ari Abdur Rahman ibnu Auf yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw. bangkit, lalu menuju ke arah kebun kurma hasil zakat, kemudian beliau masuk ke dalamnya dan menghadap ke arah kiblat, lalu bersujud. Beliau melakukan sujudnya dalam waktu yang cukup lama, sehingga aku menduga bahwa Allah Swt. telah mencabut nyawanya dalam sujud itu. Aku mendekatinya dan duduk di dekatnya, maka beliau mengangkat kepalanya (dari sujudnya) dan bersabda, "Siapakah orang ini?" Aku menjawab, "Abdur Rahman." Nabi Saw. bertanya, 
"Ada perlu apa?" Aku menjawab, "Wahai Rasulullah, engkau telah melakukan sujud cukup lama dan saya merasa khawatir bila Allah mencabut nyawamu dalam sujudmu itu." Maka Rasulullah Saw. bersabda: Sesungguhnya Jibril telah datang kepadaku dan menyampaikan berita gembira kepadaku, bahwa Allah Swt. telah berfirman ditujukan kepadaku, "Barang siapa yang mengucapkan salawat untukku, maka Dia akan mencurahkan rahmat dan berkah­Nya kepadanya. Dan barang siapa yang mengucapkan salam penghormatan kepadaku, maka Dia akan membalasnya, " karena itulah aku bersujud kepada Allah Swt. sebagai ungkapan rasa syukur (ku kepada-Nya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar