Ikhtiar

Penjelasan dan Arti Ikhtiar dalam Agama Islam dan Contoh

UNTUK mencapai keinginan dalam kehidupannya, seseorang akan melakukan tiga hal yaitu 
  • ikhtiar, 
  • berdoa, 
  • tawakal. 
Ketiganya tidak hanya dilakukan oleh manusia melainkan seluruh makhluk hidup di muka bumi. Tidak hanya itu, pelaksanaannya tidak hanya dilakukan oleh umat islam melainkan seluruh umat manusia di dunia. Berikut ulasan mengenai Ikhtiar.

Pengertian ikhtiar dalam Islam

Kata ikhtiar berasal dari bahasa Arab yang berarti sama dengan berusaha. Secara istilah ikhtiar yaitu segala perbuatan yang dilakukan manusia untuk mencapai sesuatu yang ia inginkan atau suatu usaha yang dilakukan untuk mememenuhi kebutuhan dalam hidupnya dan dilakukan secara sepenuh hati, dengan sungguh-sungguh, dan semaksimal mungkin dengan mengerahkan segala kemampuan dan ketrampilannya serta dilaksanakan sesuai dengan syariat Islam. 

Secara umum, ikhtiar dipandang sebagai sikap seorang muslim mengerahkan segala usaha yang dimilikinya. Itu artinya dengan sikap ikhtiar, seorang muslim akan terhindar dari rasa ingin menyerah dan putus asa. Saat berikhtiar, seorang muslim juga akan lebih berpeluang dalam meraih segala hal yang dia inginkan. Bukan saja tentang keinginan dunia, melainkan juga keinginan tentang kehidupan di akhirat.

Hubungan antara ikhtiar, doa, tawakal

Sebagaimana dilansir dari artikel penerbitbukudeepublish.com, ikhtiar adalah satu rangkaian dari tritunggal yaitu ikhtiar, doa, dan tawakal. Bahkan tidak dapat dipisahkan satu sama lain, sehingga dalam mencapai suatu hal atau memenuhi kebutuhan, ketiganya perlu dilakukan bersamaan. Pada umumnya, secara urutan ikhtiar menduduki posisi pertama. Baru kemudian dibarengi dengan berdoa kemudian memupuk sikap bertawakal. Artinya, ketiganya perlu dilakukan bersamaan dan dalam porsi yang seimbang. 

Ikhtiar tanpa doa dan tawakal tak hanya menjadikan seseorang sombong, melainkan juga terlalu ambisius. Biasanya pelakunya menghalalkan segala cara dan kemudian mudah kecewa bahkan depresi saat keinginan dan kebutuhannya tidak tercapai. Sebaliknya, saat seseorang tawakal dan atau berdoa saja, ia termasuk golongan orang yang bodoh. Tuhan tidak akan mengulurkan tangannya secara langsung kepada hamba-Nya yang hanya meminta lewat doa di dalam rumah tanpa berusaha.

Contoh ikhtiar di kehidupan sehari-hari

Ikhtiar adalah berusaha sungguh-sungguh dengan cara terbaik yang perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut contoh ikhtiar dalam kehidupan sehari-hari. 
  • Seorang siswa giat belajar karena ingin mendapatkan prestasi yang baik 
  • Bekerja keras karena ingin menjadi sukses 
  • Bertobat kepada Allah SWT karena ingin mendapatkan ampunan-Nya 
  • Rajin beribadah dengan menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi laranganNya karena ingin mendapatkan rahmat Allah SWT. 
  • Saat sedang sakit, seseorang berobat dengan mengharapkan kesembuhan dari Allah SWT. 
Nah, itulah pengertian hingga contoh dari Ikhtiar. Marilah kita terapkan di kehidupan sehari-hari! (OL-14)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar