Sebagian umat Islam ada yang masih bertanya-tanya bahwa mengapa asma Allah hanya ada 99? Dan apakah ada nama Allah yang ke 100? Banyak yang ketika ditanya hal ini umumnya menjawab hanya Allah yang tahu asma Allah ke 100 tersebut.
Namun ada keterangan dalam sebuah kitab Tafsir Istirobadi bahwa:
وذكر فى تفسير الاسترابادى ان لله تعالى أربعة الاف اسم ألف منها لا يعرف غير الله وألف منها لا يعرف غير الملائكة وألف فى لوح المحفوظ وثلثمائة فى التوراة وثلثمائة فى الانجيل وثلثمائة فى الزبور ومائة منها فى القرأن تسعة وتسعون ظاهرة وواحد منها خفى وهو الاسم الاعظم لا يعرفه الا الانبياء والمرسلين
“Sesungguhnya Allah memiliki 4000 nama. Dimana 1000 nama hanya Allah yang mengetahui, kemudian nama yang ke 1000 selanjutnya hanya Allah dan para malaikat yang mengetahui, selanjutnya nama yang 1000 di lauhul mahfudz, yang 300 dalam kitab taurot, yang 300 dalam kitab injil lalu yang 300 ada di kitab zabur dan yang 100 dalam kitab Al-Qur’an. Dimana dari 100 asma Allah dalam Al-Qur’an hanya 99 yang dzohir sedangkan yang 1 samar yaitu ismul a’dzom, mengapa samar? Karena hanya para Nabi dan Rasul lah yang mengetahuinya.”
Kemudian dalam kitab Fathul Bari atau syarah Shahih Bukhori dijelaskan bahwa para ulama berbeda pendapat mengenai Ismul A’dzom.
Pertama, ada beberapa ulama mengingkari ismul a’dzom dalam artian para ulama ini mengartikan bahwa tidak ada asma Allah yang paling agung. Karena semua asma Allah itu agung, sehingga tidak boleh membandingkan antara yang satu dengan yang lain, dan tidak ada yang lebih unggul antara satu dengan yang lain.
Kedua, al-A’dzom dimaknai al-’adziim, pendapat ini diperkuat oleh Imam At-Tobary, Imam al Asy’ari, Imam Ibnu Hibban, Imam Al Baqilany.
Ketiga, bahwa ismul a’dzom hanya Allah yang tahu dan tidak diberitahukan kepada mahlukNya.
Keempat, bahwa ada para ulama yang menetapkan bahwa ismul a’dzom adalah asma Allah yang ke 100, dan mereka menyebutkannya.
Namun dalam hal penyebutan ini para ulama juga memiliki perbedaan pendapat bahwa:
1. Ismul A’dzom adalah Huwa, dimana pendapat ini dinukil oleh Imam Fakhrur rozi dari ulama ahli Kasyf
الأول الاسم الأعظم ” هو ” نقله الفخر الرازي عن بعض أهل الكشف واحتج له بأن من أراد أن يعبر عن كلام معظم حضرته لم يقل له أنت قلت كذا وإنما يقول هو يقول تأدبا معه
2. Ismul A’dzom adalah Allah, karena asma Allah tidak dipakai oleh selain Allah dan merupakan asma yang asalnya dari asmaul husna
الثاني ” الله ” لأنه اسم لم يطلق على غيره ولأنه الأصل في الأسماء الحسنى ومن ثم أضيفت إليه
3. Ismul A’dzom adalah Allah Ar Rahman Ar Rahim, berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majjah dari Aisyah ra. Namun hadits tersebut lemah.
الثالث ” الله الرحمن الرحيم ” ولعل مستنده ما أخرجه ابن ماجه عن عائشة أنها ” سألت النبي – صلى الله عليه وسلم – أن يعلمها الاسم الأعظم فلم يفعل فصلت ودعت اللهم إني أدعوك الله وأدعوك الرحمن وأدعوك الرحيم وأدعوك بأسمائك الحسنى كلها ما علمت منها وما لم أعلم ” الحديث وفيه أنه – صلى الله عليه وسلم – قال لها ” إنه لفي الأسماء التي دعوت بها ” قلت وسنده ضعيف وفي الاستدلال به نظر لا يخفى
4. Ismul A’dzom adalah Ar Rahman Ar Rahim Al Hayyul Al Qayyum, pendapat ini didasarkan pada hadits yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi dari Asma’ binti Yaziddan namun beliau menilai ini adalah hadits hasan.
الرابع ” الرحمن الرحيم الحي القيوم ” لما أخرج الترمذي من حديث أسماء بنت يزيد أن النبي – صلى الله عليه وسلم – قال ” اسم الله الأعظم في هاتين الآيتين وإلهكم إله واحد لا إله إلا هو الرحمن الرحيم وفاتحة سورة آل عمران الله لا إله إلا هو الحي القيوم أخرجه أصحاب السنن إلا النسائي وحسنه الترمذي وفي نسخة صحيحة وفيه نظر لأنه من رواية شهر بن حوشب
5. Ismul A’dzom ialah Al Hayyu Al Qoyyum, berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dari Abu Umamah dan pendapat ini juga dikuatkan oleh Fakhrur Rozi,
الخامس ” الحي القيوم ” أخرج ابن ماجه من حديث أبي أمامة ” الاسم الأعظم في ثلاث سور البقرة وآل عمران وطه ” قال القاسم الراوي عن أبي أمامة : التمسته منها فعرفت أنه الحي القيوم وقواه الفخر الرازي واحتج بأنهما يدلان من صفات العظمة بالربوبية ما لا يدل على ذلك غيرهما كدلالتهما
6. Ismul a’dhom adalah Al Hannan Al Mannan Badi’us Samawati Wal Ardl Dzuljalaali Wal Ikrom Al Hayyu Al Qoyyum. Ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan al Hakim, yang berasal dari riwayat Abu Dawud dan an Nasa’i dan dishohihkan oleh Ibnu Hibban.
السادس ” الحنان المنان بديع السماوات والأرض ذو الجلال والإكرام الحي القيوم ” ورد ذلك مجموعا في حديث أنس عند أحمد والحاكم وأصله عند أبي داود والنسائي وصححه ابن حبان
7. Ismul A’dhom adalah Badi’us Samawati Wal Ardl Dzuljalaali Wal Ikrom. Ini berdasarkan hadits dari Abu Ya’la dari jalurnya as Sudi bin Yahya.
السابع ” بديع السماوات والأرض ذو الجلال والإكرام ” أخرجه أبو يعلى من طريق السدي بن يحيى عن رجل من طيئ وأثنى عليه قال ” كنت أسأل الله أن يريني الاسم الأعظم فأريته مكتوبا في الكواكب في السماء
8. Ismul A’dhom adalah Dzul Jalaali Wal Ikrom, berdasarkan hadits riwayat Tirmidizi dari Mu’adz bin Jabal.
الثامن ” ذو الجلال والإكرام ” أخرج الترمذي من حديث معاذ بن جبل قال ” سمع النبي – صلى الله عليه وسلم – رجلا يقول يا ذا الجلال والإكرام ، فقال قد استجيب لك فسل ” واحتج له الفخر بأنه يشمل جميع الصفات المعتبرة في الإلهية ; لأن في الجلال إشارة إلى جميع السلوب وفي الإكرام إشارة إلى جميع الإضافات
9. Ismul A’dhom adalah Allahu Laa Ilaaha Illa Huwa al Ahad As Shomad Lam Yalid Walam Yuulad Walam Yakun Lahuu Kuhuwan Ahad. Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud, Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hiban dan al Hakim dari haditsnya Buraidah.
التاسع ” الله لا إله إلا هو الأحد الصمد الذي لم يلد ولم يولد ولم يكن له كفوا أحد ” أخرجه أبو داود والترمذي وابن ماجه وابن حبان والحاكم من حديث بريدة وهو أرجح من حيث السند من جميع ما ورد في ذلك
10. Ismul A’dhom adalah Rob Rob, berdasarkan hadits riwayat al Hakim dari Abu Darda’ dan Ibnu Abbas .
العاشر ” رب رب ” أخرجه الحاكم من حديث أبي الدرداء وابن عباس بلفظ ” اسم الله الأكبر رب رب ” وأخرج ابن أبي الدنيا عن عائشة ” إذا قال العبد يا رب يا رب قال الله – تعالى – : لبيك عبدي سل تعط ” رواه مرفوعا وموقوفا
11. Ismul A’dhom adalah doanya nabi Yunus alaihis salaam yaitu Laa Illaaha Illa Anta Subhanaka Inni Kuntum Minadh Dhoolimin, berdasarkan hadits riwayat an Nasa’i dan al Hakim dari Fadholah bin Ubaid Seara Marfu’.
الحادي عشر ” دعوة ذي النون ” أخرج النسائي والحاكم عن فضالة بن عبيد رفعه ” دعوة ذي النون في بطن الحوت لا إله إلا أنت سبحانك إني كنت من الظالمين ، لم يدع بها رجل مسلم قط إلا استجاب الله له
12. Ismul A’dhom adalah Huwallah Allah Allahulladzi Laa Ilaah Illa Huwa Robbul A’rsyil Adzim, dinukil oleh Fakhrur Rozi dari Ali Zainal Abidin.
الثاني عشر نقل الفخر الرازي عن زين العابدين أنه سأل الله أن يعلمه الاسم الأعظم فرأى في النوم ” هو الله الله الله الذي لا إله إلا هو رب العرش العظيم
13. Ismul A’dhom adalah tersembunyi dalam salah satu asmaul husna, berdasarkan hadits riwayat Aisyah yang telah lewat dahulu.
الثالث عشر هو مخفي في الأسماء الحسنى ويؤيده حديث عائشة المتقدم ” لما دعت ببعض الأسماء وبالأسماء الحسنى فقال لها – صلى الله عليه وسلم – إنه لفي الأسماء التي دعوت بها
14. Ismul A’dhom adalah kalimat Tauhid, yang dinukil oleh Al-Qodli Iyadl. Wallohu a’lam.
الرابع عشر ” كلمة التوحيد ” نقله عياض تقدم قبل هذا
Demikianlah pendapat-pendapat ulama mengenai Nama Allah yang ke 100. Memang sesungguhnya hanya Allah-lah yang Maha Tahu. Semoga bermanfaat. Wallahua’lam bisshawab.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar