Tata Caranya dan Niat Sholat Hajat 2 Rakaat

Sholat hajat dapat dikerjakan sebanyak 2 rakaat. Muslim dapat mengawali sholat dengan membaca niatnya sebagai berikut.

Abu Aunillah Al-Baijury dalam Buku Pintar Agama Islam Panduan Lengkap Berislam Secara Kafah, menjelaskan sholat hajat merupakan sholat sunnah yang dikerjakan untuk memohon kepada Allah SWT agar hajat, keperluan, atau keinginan kita terkabul.

Baca juga:
Bagaimana Cara agar Tidak Malas Sholat Tahajud?
Dasar pelaksanaan dan anjuran sholat hajat adalah sabda Rasulullah SAW, "Barang siapa mempunyai kebutuhan kepada Allah atau kepada salah seorang anak Adam, hendaklah ia berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, kemudian sholat dua rakaat kemudian memuji Allah dan membaca shalawat dan kemudian berdoa." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Sholat hajat bisa dilakukan kapan saja, selain waktu yang dilarang (setelah Ashar dan setelah Subuh), baik siang dan sebaiknya malam. Jumlah rakaat sholat hajat adalah dua belas rakaat namun dapat dikerjakan minimal dua rakaat dengan syarat sah, syarat wajib, dan rukun sebagaimana sholat lima waktu.

Niat Sholat Hajat 2 Rakaat Sendiri di Rumah
Niat dapat dibaca bersamaan dengan takbiratul ihram. Adapun bacaan niat sholat hajat sebagai berikut:

أُصَلَّيْ سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى.

Ushallii sunnatal haajati rak'ataini lillaahi ta'aalaa.

Artinya: "Saya niat sholat sunnah hajat 2 rakaat karena Allah Ta'ala."

Tata Cara Sholat Hajat 2 Rakaat
Berikut merupakan tata cara sholat hajat yang diambil dari buku Sholat Hajat: Kunci Meraih Kesuksesan karya Ghaida Halah Ikram.
  • Niat
  • Takbiratul ihram
  • Membaca doa iftitah
  • Membaca surah Al Fatihah, dilanjut dengan membaca salah satu surah di Al-Qur'an
  • Rukuk
  • Iktidal
  • Sujud yang pertama
  • Duduk di antara dua sujud
  • Sujud yang kedua
  • Bangkit dari sujud lalu lakukan rakaat kedua seperti rakaat pertama
  • Tasyahud akhir
  • Salam
Doa setelah Sholat Hajat 2 Rakaat
Ketika selesai sholat, jangan langsung beranjak dari tempat sholat. Muslim dapat melanjutkannya dengan membaca istighfar. Dikutip dari buku The Ultimate Power of Sholat Hajat oleh Ibnu Thahir, dianjurkan untuk membaca zikir dan doa agar permintaan kita segera dikabulkan.

Membaca istighfar, dianjurkan untuk membaca istighfar sebanyak 100 kali atau sekurang-kurangnya 33 kali. Berikut bacaannya:

اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ

Astaghfirullahal 'azhim

Artinya: "Aku memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung."

Setelah membaca istighfar, dianjurkan membaca sholawat kepada Nabi SAW sebanyak 100 kali atau sekurang-kurangnya 33 kali. Berikut bacaannya,

اَللّهُمَّ صَلِّ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاةَ الرِّضا وَارْضَ عَنْ اَصْحَابِه رِضَاءَ الرِّضا

Allahumma shalli 'ala sayyidina Muhammadin sholatar-ridha wardha'an ashhabihir riddhar-ridha

Artinya: "Wahai Tuhanku, limpahkan kesejahteraan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, kesejahteraan yang diridai, dan ridailah sahabat-sahabat beliau semuanya."

Lalu, dilanjut dengan membaca doa sebagai berikut.

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ الحَلِيْمُ الكَرِيْمُ ، سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ العَرْشِ العَظِيْم ، الحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ ، أَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ ، وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ ، وَالغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ ، وَالسَّلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ ، لَا تَدَعْ لِي ذَنْبًا إِلَّا غَفَرْتَهُ ، وَلَا هَمًّا إِلَّا فَرَّجْتَهُ ، وَلَا حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلَّا قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

La ilaha illallahul halimul karim. Subhanallahi rabbil 'arsyil karimil 'azhim. Alhamdulillahi rabbil 'alamin. As'aluka mujibati rahmatik, wa 'aza'ima maghfiratik, wal ghanimata min kulli birrin, was salamata min kulli itsmin. La tada' li dzanban illa ghafartah, wa la hamman illa farrajtah, wa la hajatan hiya laka ridhan illa qadhaitaha ya arhamar rahimin.

Artinya: "Tidak ada Tuhan melainkan Allah yang Maha Lembut dan Maha Penyantun, Maha Suci Allah Tuhan Pemelihara Arsy' yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu, serta memperoleh keuntungan pada tiap-tiap kebaikan dan keselamatan dari segala dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa pada diriku melainkan Engkau ampuni, dan tidak ada suatu kesulitan melainkan Engkau memberi jalan keluar, dan tidak pula suatu hajat/keinginan yang mendapat kerelaan-Mu melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan yang Maha Pengasih dan Penyayang."

Setelah membaca doa tersebut, sampaikanlah atau mohonlah apa yang menjadi kebutuhan atau hajat kepada Allah SWT dengan khusyu, sambil memperbanyak bacaan berikut.

لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minazh-zhalimin

Artinya: "Tiada Tuhan yang patut disembah melainkan hanya Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku ini adalah dari golongan orang-orang yang berbuat aniaya."

Waktu Utama Sholat Hajat 2 Rakaat
Merujuk buku yang sama, walaupun sholat hajat bisa dilakukan kapan saja. Akan tetapi, waktu yang terbaik adalah sepertiga malam yang terakhir atau sekitar pukul 02.00-04.00 dini hari.

Sholat hajat yang kita lakukan pada waktu itu menjadi bagian dari qiyamul lail (ibadah menghidupkan malam). Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Abu Dzar disebutkan bahwa seorang sahabat bertanya,

أَيُّ اللَّيْلِ أَسْمَعُ فَقَالَ، جَوْفُ اللَّيْلِ.

Artinya: "Malam hari jam berapa tepatnya (doa kita) lebih didengar Allah?" Rasulullah SAW lalu menjawab, "Tengah malam." (HR Imam Ahmad dan Ibnu Hibban)

Wallahu a'lam.

Baca artikel detikhikmah, "Niat Sholat Hajat 2 Rakaat Sendiri di Rumah dan Tata Caranya" selengkapnya https://www.detik.com/hikmah/khazanah/d-7319898/niat-sholat-hajat-2-rakaat-sendiri-di-rumah-dan-tata-caranya.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar