Menanamkan Sugesti ke Alam Bawah Sadar

Setiap manusia terlahir dengan potensi Sadar dan Bawah Sadar yang sama. Namun, dalam proses pertumbuhan dan perkembangan pikiran tersebut bisa mengalami distorsi, sesuai apa yang dilakukannya. Distorsi tersebut, bisa melalui budaya, kehidupan sosial dan pendidikan yang tidak mendukung pengembangan potensi pikiran bawah sadar sepenuhnya. 

Bahkan dalam perkembangan budaya modern, potensi manusia untuk mengembangkan kemampuan pikiran bawah sadar semakin berkurang bahkan hilang. Padahal, jika kita mampu mengelola dengan baik, manfaat dari pikiran bawah sadar tersebut sebenarnya sangat banyak sekali. 

Jadi, bagaimana cara menanamkan sugesti dalam pikiran bawah sadar kita?
berikut caranya.
  • Cari tempat yang tenang dan nyaman, Tempat yang aman dan nyaman kiata bisa lakukan dengan duduk dikursi atau bersila. Bacalah do’a terlebih dahulu. Waktu yang tepat untuk melakukannya di atas jam 12 malam dimana semua aktifitas berhenti.
  • Tarik nafas halus dan keluarkan secara berulang, lepaskan beban pikiran bersama dengan hembusan nafas, bisa diiringi dengan dzikir. Lakukan sampai Anda tenang dan semua beban pikiran hilang dan masuk ke dalam fase gelombang alpha-theta.
  • Ucapkan penyembuhan, ide, gagasan, impian, cita-cita, dan hal-hal positif lainnya didalam hati secara terus-menerus. Misalnya, “Ya Tuhanku, bebaskanlah aku dari penyakit ini, sembuhkanlah, dan tunjukkanlah mukjizatMu”. Visualisasikan bahwa Anda telah sembuh dan segar bugar kembali. (Permohohan yang lainnya bisa Anda kembangkan sendiri).
  • Ulangi proses pernapasan ini sampai semua permohonan dan sugesti Anda tertanam didalam alam bawah sadar dan keadaan Anda merasa tenang dan damai. Ucapkan syukur kepada Tuhan, dan lanjutkan beristirahat.
  • Lakukan secara rutin setiap hari minimal 15 menit, dan Anda akan merasakan sendiri perubahan di kehidupan Anda.

Perlu diingat, jangan terburu nafsu, lakukan latihan diatas secara sabar dan istiqamah. Jika Anda ingin mengatasi berbagai masalah kesehatan, psikologis, kepribadian serta masalah lainnya, metode diatas adalah cara yang tepat untuk menuju pikiran bawah sadar Anda, dan visualisasi yang Anda lakukan ketika menggunakan terapi ini akan bekerja secara efektif untuk memprogram ulang pikiran bawah sadar Anda. Insya Allah, Anda akan mendapatkan banyak manfaat dari penggunaan terapi ini. Semoga berhasil.

Contoh Sugesti dalam Kehidupan Sehari-hari

Sugesti adalah istilah yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. Dalam ilmu sosial, sugesti adalah satu di antara faktor dari interaksi sosial.

Sugesti merupakan bagian dari berjalannya suatu interaksi sosial di masyarakat. Sugesti merujuk pada proses memengaruhi seseorang.

Sugesti menyebabkan seseorang tergerak untuk melakukan sesuatu atau mengikuti suatu ide. Sugesti merupakan pengaruh yang diterima seseorang secara sadar ataupun tidak sadar tanpa berpikir panjang.

Sugesti dapat dibedakan menjadi dua bentuk sesuai dengan asalnya, yaitu auto sugesti dan hetero sugesti. Baik auto sugesti maupun hetero sugesti dalam kehidupan sehari-hari memegang peranan penting.

Auto sugesti adalah bentuk sugesti yang datang dari diri sendiri. Sugesti ini juga disebut dengan sugesti dari dalam. Dari dalam artinya sugesti diberikan oleh diri sendiri untuk diri sendiri.

Sementara, hetero sugesti adalah sugesti yang datang dari orang lain. Sugesti ini disebut dengan sugesti dari luar. Dari luar artinya sugesti diberikan oleh orang lain, atau objek yang berada di luar diri seseorang.
Contoh Sugesti dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh Sugesti 1
Seorang tokoh masyarakat yang mempunyai pengaruh besar di suatu daerah sedang memberikan pandangan kepada warganya bahwa banjir yang terjadi di daerah tersebut diakibatkan dari kebiasaan masyaraktnya yang suka membuang sampah di sungai.

Kemudian, dia menyarankan supaya seluruh warganya untuk tidak membuang sampah di sungai. Ia juga menyarankan agar warganya mau kerja bakti membersihkan sampah yang dibuang di sungai.

Seluruh warga di daerah itu tanpa berpikir panjang langsung melakukan apa yang dianjurkan oleh tokoh masyarakat desa tersebut.

Contoh Sugesti 2
Seseorang yang kesusahan mencari kerja memberi saran contoh sugesti kepada temannya supaya dapat menyelesaikan sekolahnya dengan baik, seperti tidak sering membolos dan selalu mengerjakan tugas.

Seseorang ini menyesal karena dulu ia selalu bermalas-malasan ketika sekolah. Setelah lulus nilainya jelek dan ia menjadi susah untuk mendapatkan pekerjaan. Melihat temannya menyampaikan hal tersebut maka ia pun menjadi tersugesti untuk melanjutkan sekolah dengan baik.

Contoh Sugesti 3
Seseorang yang selama ini dianggap malas dan kurang disiplin diberikan pandangan dan arahan yang baik oleh pemimpinnya.

Ia harus lebih disiplin lagi ketika menyelesaikan pekerjaannya karena ia pun ternyata memilki kemampuan mumpuni yang bisa membuat kariernya menjadi lebih baik. Mendengar saran tersebut, ia kemudian mengubah sikapnya menjadi tidak malas tanpa berpikir panjang lagi.

Contoh Sugesti 4
Seorang dokter yang memberikan sebuiah nasihat dan saran yang harus dipatuhi kepada pasien-pasiennya agar si pasien dapat segera sembuh. Tanpa berpikir panjang, pasien akan melakukan apa yang disarankan oleh dokter tanpa berpikir panjang.

Contoh Sugesti 5
Ada seorang murid di sekolah yang sangat nakal. Ia selalu melawan apa yang disuruh oleh gurunya. Bahkan ia tak pernah sekalipun mengerjakan apa yang diperintahkan oleh guru.

Kemudian dipanggil oleh kepala sekolah. Kepala sekolah berusaha memberikan arahan, nasihat dan saran-saran agar sang murid mau mendengarkan apa yang diperintah guru.

Lantaran kepala sekolah yang memberi saran, ia pun menjadi tersugesti karena ia menganggap bahwa kepala sekolah adalah orang yang memiliki pengaruh besar di lingkungan sekolahnya.

Contoh Sugesti 6
Sugesti juga berlaku di bidang pemasaran. Para sales biasanya juga menggunakan taktik sugesti untuk meyakinkan calon konsumennya.

Mereka akan memberikan pandangan-pandangan tentang kualitas dan berbagai manfaat barang yang sedang ditawarkan.

Lantaran konsumen merasa tersugesti, konsumen tersebut menjadi tertarik untuk membeli. Dari mulut konsumen ke konsumen lain, ia dapat menyebarkan ke teman-temannya sehingga penjualan sales pun dapat meningkat.

Contoh Sugesti 7
Seorang penceramah juga menggunakan sugesti dalam memberikan tausiyah kepada jemaahnya. Hal ini dilakukan agar para jemaah dapat mengikuti anjuran yang diberikan sang penceramah, di mana anjuran tersebut berpedoman dari Al-Qur'an maupun hadis.

Maka, tanpa berpikir panjang lagi, para jemaah akan mengikuti apa yang disarankan oleh ustaz tersebut.

Contoh Sugesti 8
Saat kita melihat televisi biasanya ada beberapa iklan. Iklan ini terdiri dari berbagai macam produk, bisa mempromosikan benda, makanan, minuman, pakaian, sepatu, alat elektronik, mesin cuci, lemari es, dan lain sebagainya.

Iklan tersebut juga menggunakan strategi sugesti dalam mempromosikannya. Misalnya, saat kita melihat iklan sampo, kita akan menjadi tersugesti ingin menggunakan produk sampo yang sama seperti iklan di televisi.

Contoh Sugesti 9
Selain iklan yang muncul, juga ada beberapa kuis yang sering ditayangkan di televisi. Kuis ini menyugestikan bahwa dengan menelepon beberapa nomer yang tercantum di layar televisi, kita akan mendapoiatkan beberapa hadiah.

Tanpa berpikir panjang lagi, orang yang tersugesti akan segera menghubungi nomer yang tercantum padahal ini tidak sama sekali menjamin seseorang mendapatkan hadiah.

Contoh Sugesti 10
Sugesti juga dilakukan oleh pegawai asuransi dalam mempromosikan produk asuransinya. Ia akan berusaha memberikan pandangan-pandangan bahwa produl asuransinya lah yang dapat menjamin kehidupan seorang nasabah.

Lantaran nasabah sudah tersugesti dengan pandangan yang diberikan oleh pegawai asuransi, tanpa berpikir panjang ia mengikuti saran tersebut dan mau berasuransi di perusahaan tersebut.

Contoh Sugesti 11
Untuk bidang politik, sugesti juga merupakan hal yang sering dilakukan. Seorang politikus akan memengaruhi para pendukungnya dengan memberikan pandangan-pandangan yang baik dan terkonsep.

Hal ini dilakukan agar pendukungnya dapat terus berpartisipasi ke partai tersebut dan tidak pindah ke partai lain.

Lantran penyampaian sugesti yang tertata maka para pendukungnya tersugesti sehingga mereka terus memberikan dukungannya kepada partai tersebut.

Masih dalam ranah politik, hal ini juga dilakukan oleh kader calon kepala daerah. Calon kepala daerah yang maju dalam pemilihan umum akan memberikan sugesti beruapa program-program kerja sehingga para pemilih yang tersugesti akan memilih calon tersebut.

Sumber: Materiips

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar